SD NEGERI KAMARUNG I

SD NEGERI KAMARUNG I
International Inspiration Program

Jumat, 20 Mei 2011

VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI SD NEGERI KAMARUNG I

1.      Visi Sekolah
“DENGAN IMAN DAN TAQWA, KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAMARUNG I KECAMATAN PAGADEN TERUNGGUL DI KABUPATEN SUBANG TAHUN 2014”
2.      Misi Sekolah
a.       Mengembangkan Pembelajaran berbasis iman dan taqwa, serta menjunjung nilai-nilai luhur budaya masyarakat setempat.
b.      Menciptakan suasana kondusif dalam upaya mengembangkan pembelajaran guna menghasilkan peserta didik yang cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani, kreatif, inovatif, produktif, serta memiliki keunggulan kompetitif.
c.       Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan serta teknologi yang berwawasan global.

3.      Tujuan Sekolah
Meningkatkan mutu prestasi belajar dalam upaya menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar.
Indikator :
a.  Meningkatkan kualitas belajar siswa :
·         Terbentuknya akhlaq dan perilaku mulia dan terpuji melalui pembinaan praktek keagamaan / peribadatan
·         Dapat meraih prestasi tertinggi dalam berbagai kegiatan akademik, olahraga, pramuka, kesenian, kesehatan, dan keterampilan
·         Giat dan Terampil dalam pembinaan ekstra kurikuler Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Baca Tulis Al-Qur’an.

b.  Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa:
·         Pada setiap akhir pembelajaran diharapkan daya serap siswa  di atas nilai 60,00 mencapai rata-rata 90 %
·         Minimal 70% siswa dapat mengikuti kegiatan Keagamaan/Praktek Peribadatan, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Baca Tulis Al-Qur’an, Karawitan dan komputer
·         Nilai Rata-Rata Ulangan Umum / Block Test minimal 7,00
·         Nilai Rata-Rata Hasil Ujian (US/UASBN) minimal 7,35
·         Standar Nilai Kelulusan UASBN : 5,83
c.       Kelas  VI peserta  UAS/ UASBN diharapkan lulus 100 %, dan output-
Nya seluruh  siswa lulusan dapat melanjutkan  ke SMP  dan  sederajat,
 dalam upaya penuntasan wajar dikdas.

4.      Strategi
Untuk menjalankan Visi dan Misi tersebut diperlukan strategi yang disesuaikan dan diintregasikan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Strategi tersebut antara lain :
1.       Meningkatkan Pemerataan dan perluasan kesempatan memperoleh pendidikan terutama bagi warga usia sekolah 7-15 tahun.
2.       Meningkatkan mutu dan pelayanan pembelajaran
3.       Memotivasi Guru / Pendidik untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Kamarung I.
4.       Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Guru melalui Program Pendidikan S1; Pendidikan dan Pelatihan Kedinasan; KKG; dan Mengikuti Seminar/Lokakarya.
5.       Meningkatkan Kuantitas Guru, dengan cara mengangkat guru honor yang berkualifikasi akademis minimal S-1.
6.       Meningkatkan partisipasi dan kerjasama dengan masyarakat, orang tua murid, dan Komite Sekolah dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan.
7.       Meningkatkan relevansi pendidikan dengan tuntutan dan sosiokultural serta dunia kerja sebagai bekal di masa mendatang.
8.       Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)
9.       Menyusun KTSP SD Negeri Kamarung I bersama-sama Komite dan Stakeholder Sekolah.
10.   Menyalurkan siswa lulusan Kelas VI untuk melanjutkan Sekolah ke jenjang berikutnya.
Sebagai arah untuk pelaksanaan strategi tersebut dilakukan berbagai upaya peningkatan teknis dan manajemen pendidikan, seperti :
a.       Rapat-Rapat Guru
b.       Rapat Pengurus Komite, dan Orang Tua Murid/Masyarakat
c.       Peningkatan mutu profesi guru melalui Diklat/Penataran, KKG, KKKS
d.      Merencanakan dan Menyelenggarakan studi banding
e.       Mengatur pembagian Tugas Guru dan Siswa dalam penyelenggaraan KBM dan berbagai kegiatan Kesiswaan
f.        Mengangkat tenaga potensial (Guru/Tenaga Kependidikan Sukarelawan) yang sanggup dan mampu untuk membantu penyelenggaraan pendidikan.
g.       Mengoptimalkan kegiatan ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minat siswa.
h.       Melakukan kegiatan pembelajaran teori dan praktek di luar kelas sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan dengan memanfatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
i.         Memantau, mengawasi, serta mengevaluasi semua kegiatan yang dilakukan, baik di dalam maupun di luar sekolah.
j.         Merencanakan dan mengatur tindak lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar